Israeli singer Zion Golan performs at a wedding celebration in NetivotSana’a, LiputanIslam.com — Apa jadinya jika seorang penyanyi Israel ternyata populer di negara Arab yang memusuhi Israel?

Seorang penyanyi yahudi Israel bernama Zion Golan kini menjadi bintang di negara Yaman, sebuah negara Arab yang bermusuhan dengan Israel. Meski tidak ada hubungan diplomatik dan bisnis antara kedua negara, lagu-lagu Golan berhasil menembus “pasar” di Yaman dan ramai terdengar di kafe-kafe dan di mobil-mobil taksi.

Orang tua Golan berasal dari Yaman, namun sebagaimana warga Israel lainnya, Golan ditolak untuk datang ke negeri asal nenek moyangnya itu.

Dikenal di Yaman dengan nama Ziyan Joulan, lagu-lagunya, yang lirik-lirik Arabnya ditulis oleh ibu mertuanya, kini beredar luas di Yaman dalam bentuk CD bajakan dan file unggahan internet.

“Musik Yaman adalah hati dan jiwa saya,” kata Golan kepada wartawan Reuters yang mewawancarainya beberapa waktu lalu.

“Impian besar saya adalah pergi ke Yaman. Orang tua saya telah bercerita tentang banyak hal tentang Yaman, tentang Sana’a, tentang Aden, semua tentang Yaman. Jadi saya rasa tidak ada salahnya menulis lirik dan menyanyi dalam gaya Yaman, yang saya rasa adalah bagian dari diri saya,” tambahnya.

Abdullah al-Haj, seorang pedagang video dan musik di Sana’a, mengatakan bahwa permintaan terhadap lagu-lagu Golan sangat tinggi di antara anak muda.

Menurut penuturan Golan, ia tidak mendapatkan royalti atas lagu-lagunya yang diputar di Yaman, dimana seorang penyanyi yahudi Israel lainnya, Ofra Haza, juga pernah populer di sana.

Antara tahun 1949 dan 1959, sebagian besar dari sekitar 50.000 orang-orang yahudi Yaman, diterbangkan secara diam-diam oleh operasi inteligen Israel bersandi “Magic Carpet”. Kini kurang dari 200 orang yahudi masih tinggal di Yaman.

Di Israel sendiri kini terdapat sekitar 140.000 warga keturunan yahudi Yaman.(ca/reutersw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL