Washington, LiputanIslam.com—Mantan Presiden AS Joe Biden mengatakan, kemenangan Donald Trump dalam pemilu presiden 2016 telah mengungkap “realitas terburuk” AS, dan maka dari itu ia meminta seluruh negara untuk bersatu.

Biden mengeluarkan pernyataan ini dalam pidatonya di Colby College, Maine, pada hari Minggu (21/05/2017), beberapa bulan setelah kandidat dari partainya, Hillary Clinton, kalah dalam pemilu.

Mantan politisi Partai Demokrat ini mengaku khawatir atas perpecahan yang terjadi di tengah publik, dengan mengatakan, “Inilah waktunya bagi Amerika untuk bangkit. Inilah waktunya untuk mengembalikan rasa persatuan kita.”

Sebelumnya, Biden sempat mengomentari Clinton yang mengalahkan Bernie Sanders menjadi kandidat presiden dari partai Demokrat. Ia menilai, Clinton bukan pilihan terbaik yang dimiliki Demokrat.

“Saya tidak pernah berpikir dia adalah kandidat yang bagus.” katanya di konferensi SALT di Las Vegas, awal bulan ini.

Pendukung Sanders sendiri yakin bahwa Sanders dapat mengumpulkan cukup dukungan dari rakyat AS untuk memenangi pemilu. Namun Clinton-lah yang akhirnya terpilih meski dia bukan kandidat populer, bahkan di dalam partainya sendiri.

Selanjutnya dalam pidatonya, Biden menyuarakan harapannya untuk masa depan yang lebih baik bagi AS.

“Saya pastikan ini hanya sementara. Rakyat Amerika tidak akan lama bisa tahan dengan sikap [Trump],” ujarnya.

Sementara itu, wakil presiden AS Mike Pence tengah sibuk dengan acara pidatonya di Universitas Notre Dame, di mana beberapa mahasiswa dilaporkan melakukan walk out dari acara tersebut. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL