Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimis prospek ekonomi Indonesia akan membaik pada 2020. Hal ini akan ditopang oleh permintaan domestik yang mengalami peningkatan.

Perry memprediksi, konsumsi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap tinggi. Selain itu, dia juga memperkirakan adanya peningkatan investasi swasta.

“Selain itu, investasi swasta juga diperkirakan cukup meningkat,” kata dia, Kamis (13/6).

Baca: Menko Darmin Optimis Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,3 Persen

Dia menuturkan, perbaikan kondisi ekonomi juga akan didorong oleh perbaikan efisiensi dan produktivitas perekonomian Indonesia.

Perry menyampaikan, perbaikan tersebut mengikuti berbagai kebijakan reformasi struktural, seperti infrastruktur dan kebijakan yang lain yang akan berdampak positif terhadap kondisi ekonomi Indonesia.

Sementara itu, Indonesia saat ini dihadapkan oleh beberapa kendala. Salah satunya adalah defisit neraca perdagangan.  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit 2,5 miliar dolar AS pada April 2019.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2019 masih berada di bawah ekspektasi. Ekonomi Indonesia pada kuartal I hanya tumbuh 5,07 persen sedangkan ekspektasi pemerintah sebesar 5,2 persen. (sh/republika/cnbcindonesia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*