Jokowi saat tiba di beijing

Jokowi saat tiba di beijing

Jakarta, LiputanIslam.com — Usai Presiden Joko Widodo, tiba di Nay Pyi Taw, Myanmar, untuk menghadiri pertemuan puncak ASEAN. Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-25 ASEAN, ia mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Myanmar, U Thein Sein.

Dalam pertemuan bilateral ini, Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno LP Marsudi, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, serta Duta Besar RI untuk Myanmar, Ito Sumardi. Yang dibahas adalah peluang kerja sama yang bisa dijalin antara Indonesia dengan Myanmar.

“Kita ingin menekankan pentingnya kedua negara menjajaki kerjasama di bidang perhubungan, yaitu supaya ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Myanmar,” ucap Jokowi seperti dilansir situs resmi Sekertariat Kabinet http://setkab.go.id, Rabu (12/11/2014).

Ia menegaskan, Indonesia akan tetap menjadi sahabat Myanmar dalam mengembangkan hubungan bilateral dan dalam konteks pemajuan ASEAN. Indonesia juga akan terus mendorong kepada BUMN dan swasta untuk menanamkan investasi di Myanmar khususnya di sektor pertambangan, telekomunikasi dan infrastruktur.

“Dan kita ingin menekankan pentingnya untuk kedua negara menjajaki kerjasama di bidang perhubungan, yaitu penerbangan langsung dari Indonesia ke Myanmar, dan juga bidang perbankan guna meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Myanmar,” tambah Jokowi.

Thein Sein menyatakan, selama ini Indonesia dan Myanmar telah kerja sama di bidang pertanian khususnya beras, dan Myanmar mengharapkan kedua negara bisa meningkatkan kerja samanya dalam waktu mendatang.

Mengenai sektor finansial, Myanmar telah melakukan reformasi di sektor ini dan juga sektor keuangan.

“Kami juga telah mengizinkan bank asing untuk membuka cabangnya di sini, Kami berharap bank Indonesia mau buka cabang di sini juga. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas kedatangan anda,” tambah Thein Sein.

“Myanmar dan Indonesia telah memiliki hubungan bilateral yang baik dan Indonesia telah memberikan dukungan yang besar bagi Myanmar di dalam kawasan regional dan internasional. Kami berharap Indonesia akan terus mendukung Myanmar,” harapnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL