berlusconiRoma, LiputanIslam.com — Mantan perdana menteri sekaligus jutawan terkenal Italia, Silvio Berlusconi memulai hukuman dengan menjadi pekerja sosial di klinik penderita penyakit Alzheimer, Jumat (9/5).

Berlusconi memasuki Klinik Sacra Famiglia ditemani petugas klinik, tanpa memberikan komentar apapun kepada belasan wartawan yang menunggunya di depan pintu gerbang.

Mantan 3 kali Perdana Menteri Italia ini diharuskan menjalani tugas sosialnya selama 4 jam seminggu selama setahun, setelah hukuman penjara selama 4 tahun yang didapatkannya mendapatkan amnesti. Ia dijatuhi hukuman setelah terbukti melakukan tindakan penggelapan pajak.

Beberapa waktu lalu Berlusconi mengatakan dirinya telah mempelajari penyakit Alzheimer untuk mendukung tugasnya membantu pasien. Sementara itu Direktur Klinik Sacra Famiglia mengatakan bahwa Berlusconi membutuhkan proses integrasi secara gradual dalam menjalankan tugasnya, termasuk periode pengenalan.

Berlusconi adalah sosok yang kontroversial. Lahir tahun 1936, ia  adalah seorang politikus, pengusaha sukses, taipan media, sering terlibat kasus pidana, dan akhirnya dihukum sebagai penggelap pajak.

Menjabat perdana menteri 3 kali selama 9 tahun, ia adalah perdana menteri paling lama sepanjang sejarah modern Italia. Ia adalah pemegang saham pengendali Mediaset dan pemilik klub sepak bola Italia AC Milan sejak 1986. Ia dijuluki Il Cavaliere (The Knight). Pada tahun 2014, majalah Forbes menempatkannya  sebagai orang terkaya di dunia nomor 141 dengan kekayaan bersih sebesar $ 9 miliar. Pada tahun 2009 Forbes menempatkannya pada peringkat 12 Daftar Orang Paling Berpengaruh di Dunia.

Pada tanggal 1 Agustus 2013 ia dihukum karena penggelapan pajak dengan hukuman empat tahun penjara bersama larangan jabatan publik selama dua tahun. Karena usianya melebihi 70 tahun, dia dibebaskan dari penjara dan harus menjalani hukumannya melakukan pekerjaan sosial.(ca/voice of russia/wikipedia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL