dieudonneParis, LiputanIslam.com — Pelawan Perancis yang terkenal dengan “tabik Nazi”-nya, Dieudonne M’bala M’bala, dijatuhi hukuman percobaan selama 2 bulan oleh Pengadilan Paris setelah dinyatakan terbukti membela terorisme dengan komentarnya di jejaring sosial. Kantor berita Press TV melaporkan, Kamis (19/3).

Dieudonne memposting status di Facebook, “I feel like Charlie Coulibaly”, beberapa hari setelah insiden serangan kantor majalah Charlie Hebdo bulan Januari lalu. Coulibaly sendiri adalah nama salah seorang pelaku serangan.

Komedian itu mengatakan kepada hakim bahwa ia ‘tanpa ragu’ mengutuk serangan tersebut. Tentang status tersebut, ia mengaku hal itu untuk menggambarkan bahwa ia merasa sering diperlakukan seperti teroris.

Dalam aksi serangan terhadap majalan Charlie Hebdo yang menewaskan 17 orang itu, Coulibaly dinyatakan telah membunuh seorang polisi wanita di dekat sekolah yahudi tanggal 8 Januari, sebelum membunuh 4 orang yahudi di sebuah supermarket ‘kosher’.

Sebelumnya pada tanggal 7 Januari, 2 orang rekan Coulibaly membunuh 12 orang di kantor majalah Charlie Hebdo di Paris.

Dieudonne membantah dirinya sebagai anti-yahudi (anti-semit), meski telah berulangkali menghadapi tuduhan tersebut. Beberapa kota di Perancis bahkan telah melarangnya untuk tampil.

Ia menjadi terkenal setelah gaya ‘tabik quenelle’ yang meniru gaya tabik Nazi Jerman.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*