gaza 3GazaCity, LiputanIslam.com — Rudal Israel kembali menghantam di Jalur Gaza bagian selatan pasca diberlakukannya gencatan senjata selama 72 jam. Serangan itu, menewaskan delapan orang, tiga diantaranya adalah anak-anak.

Kementerian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza mengatakan, hantaman rudal Israel telah merengut nyawa di Khan Yunis, dan juga melukai lebih dari 10 orang,  seperti dilansir Press TV, 1 Agustus 2014.

Tak lama berselang, tank-tank Israel kembali menembaki sebuah pusat perbelanjaan di kota selatan Rafah. Lebih dari 50 warga Palestina tewas dan sekitar 200 lainnya terluka dalam serangan itu.

Sebelumnya, gencatan senjata Palestina-Israel di Jalur Gaza yang dimulai sejak Jumat (1/8) pukul 08.00 waktu Palestina untuk jangka 72 jam ke depan. Saat itu, Israel dan Hamas setuju untuk menghentikan semua operasi militer. Tapi Menteri Luar Negeri AS John Kerry memperingatkan bahwa tidak ada jaminan bahwa gencatan senjata ini akan mengakhiri perang yang telah terjadi sejak 8 Juli 2014.

Akibat krisis yang menggila, PBB dan lembaga bantuan kemanusiaan lainnya telah mengajukan permohonan dana sebesar USD 370 juta untuk rakyat Palestina di Jalur Gaza. “Kita perlu segera mengakhiri penderitaan orang-orang di Gaza, dan langkah pertama yang harus ditepuh adalah, biarkan para petugas kemanusiaan melakukan perjalanan dengan aman ke daerah konflik,” ucap Koordinator Kemanusiaan PBB, James Rawley.

Dari laporan TV-One, Jumat, 1 Agustus 2014, delapan orang staf PBB yang tengah bertugas di Gaza turut menjadi korban atas serangan Zionis Israel. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL