Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi atas kerja keras semua pihak dalam upaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan. Khususnya apresiasi diberikan kepada jajaran TNI/Polri, BPPT, BMKG, BNPB, Manggala Agni, dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Segenap upaya mereka tempuh untuk memadamkan api. Melalui udara, ada 45 pesawat atau helikopter dikerahkan menyemai lebih 200 ton garam untuk mempercepat pertumbuhan awan sehingga turun hujan dan melakukan upaya waterbombing di seluruh kawasan yang terbakar,” tulis Presiden di akun facebooknya, seperti dilansir setkab.go.id Jakarta pada Jumat (4/10).

Presiden Jokowi juga mengungkapkan bahwa kebakaran dalam sepekan terakhir sudah berkurang. “Alhamdulillah, sepekan terakhir, kebakaran hutan dan lahan telah berkurang jauh,” katanya.

Sementara beberapa hari sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo menjelaskan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) terus berlangsung baik di Sumatera maupun di Kalimantan. Pada hari Senin (30/9) dikerahkan 2 pesawat di Sumatera dan 2 Pesawat di Kaltim dengan total garam yang ditabur sejumlah 9.600 kg.

Baca: Kepala BNPT: Paham Radikalisme Bisa Juga Sasar Aparatur Negara

“Salah satu hasilnya hujan turun di sebagian besar wilayah Riau (Indragiri Hulu, Dumai, Pelalawan, Kuansing, Indragiri Hilir, Siak, Rokan Hulu dan Rokan Hilir), Jambi (Merangin, Sarolangin), Kalbar (Pontianak, Singkawang, Sintang, Melawi), Kalsel (HST, HSS), dan Kalteng (Palangkaraya, Barito Selatan dan Lamandau),” terangnya. (aw/setkab/antara).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*