Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kas Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dikabarkan kosong karena digunakan untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13.

Kabar tersebut ditepis oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan (Kemkeu) Marwanto Harjowiryono. Dia menegaskan, kas negara dalam kondisi aman.

“Tidak benar, kas negara dalam kondisi aman kok,” kata Marwanto, Kamis (13/6).

Baca: BI Awasi Tiga Risiko Stabilitas Sistem Keuangan

Marwanto menjelaskan, pengelolaan kas negara selama ini dikelola secara terpusat melalui mekanisme treasury single account atau TSA. Dengan demikian, kewenangan pengelolaan kas negara dipastikan berjalan dengan baik.

“KPPN tidak mengelola kas secara langsung,” ucapnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan, kabar tersebut tidak benar. Hal ini bisa dilihat di data Bank Indonesia.

“Lihat saja di data Bank Indonesia. Anda bisa ngecek setiap saat berapa uang kas pemerintah itu,” ujarnya.

Hal ini juga ditegaskan oleh Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan. Dia memastikan informasi tersebut tidak benar dan kas negara masih aman.

“Tidak benar restitusi terkendala karena KPPN kosong. restitusi masih terus berjalan sampai sekarang,” paparnya. (sh/tempo/liputan6)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*