Washington, LiputanIslam.com–Pelantikan Donald Trump sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat mendapat  berbagai respon dari pemimpin-pemimpin dunia.  Beberapa merasa optimis akan memiliki hubungan lebih baik dengan Washington, dan banyak yang justru  merasa khawatir.

Pemimpin Meksiko, Kanada, Inggris, Jepang, India, dan sang Paus adalah yang termasuk yang mengucapkan selamat kepada Trump yang dilantik pada Jumat kemarin.

Dalam akun twitter-nya, Presiden Meksiko, Enrique Pena, mengucapkan selamat kepada Trump dan menuliskan bahwa “kita [Meksiko dan AS] akan bekerjasama memperkuat hubungan kita dengan bertanggungjawab.”

“Kedaulatan, kepentingan nasional, dan perlindungan penduduk Meksiko akan memandu hubungan kita dengan pemerintah AS yang baru,” tulis Nieto.

Namun, mantan Presiden Meksiko, Vicente Fox, sebaliknya justru mengkritisi Trump. Menulis di akun twitter pribadinya, Fox menegaskan, “Amerika sudah sukses, lalu Anda muncul [menjadi presiden]!”

Sentimen anti-Trump memang termasuk kuat Meksiko dan di beberapa negara Amerika Latin lainnya. Hal itu disebabkan pernyataan Trump selama masa kampanye bahwa imigran ilegal Meksiko yang memasuki AS adalah kriminal dan pemerkosa. Ia juga berjanji akan mendeportasi jutaan imigran yang hidup di bawah bayang-bayang.

Penduduk Argentina dilaporkan sempat membakar bendera Amerika di depan Kantor Kedutaan AS di Buenos Aires. Sedangkan penduduk Panama berdemo melawan intervensi AS di negara mereka dan membakar patung Trump.

Ribuan orang di beberapa negara, termasuk Inggris, Australia, dan Selandia Baru, juga menggelar unjuk rasa untuk mengekspresikan kemarahan mereka terkait pelantikan Trump.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, tidak berkomentar apa-apa tentang pelantikan  Trump. Juru bicaranya, Dmitry Peskov mengatakan, Putin tidak menonton pelantikan secara live, namun hanya melalui berita.

“Donald Trump bukan sahabat kami,” ujar Peskov. Pernyataan tersebut benar-benar mengejutkan, mengingat hangatnya dukungan yang diberikan Putin kepada Trump selama masa kampanye pada November lalu.  (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL