pendukung khanIslamabad, LiputanIslam.com — Bentrokan tidak terelakkan lagi terjadi setelah demonstran pendukung politisi bekas olahragawan Imran Khan ditembaki. Mobil Khan juga ditembaki, namun ia tidak mengalami luka-luka karena mobilnya dilengkapi pelapis anti-peluru.

Seperti dilaporkan BBC News, bentrokan terjadi setelah konvoi yang dipimpin Khan diserang oleh orang-orang tak dikenal di kota Gujranwala dalam perjalanan menuju Islamabad, Jumat (15/8). Para penyerang melemparkan batu-batuan dan beberapa tembakan juga terdengar dalam serangan itu. Belum ada laporan tentang korban dalam bentrokan itu.

Politisi dan ulama kharismatis Muhammad Tahirul Qadri dengan konvoi yang dipimpinnya sendiri juga turut bergerak menuju Islamabad bersama Khan untuk bersama-sama menggelar aksi demonstrasi menuntut pengunduran diri Perdana Menterai Nawaz Sharif yang mereka anggap gagal memerintah.

Aksi protes ini merupakan tantangan terberat yang dihadapi pemerintahan Nawaz Sharif yang berhasil memenangkan pemilu tahun lalu.

Dalam akun Facebook resmi milik partai PTI yang dipimpin Khan, dilaporkan bahwa para penyerang berasal dari pendukung partai penguasa PML-N.

Pemerintah membantah tuduhan tersebut dan balik menuduh aksi konvoi dan demonstrasi ini adalah upaya untuk merobohkan demokrasi.

Nawaz Sharif berhasil menduduki jabatan tahun lalu melalui pergantian kekuasan damai dan demokratis dari satu pemerintahan sipil ke pemerintahan sipil lainnya.

Sebelum terjadinya serangan, Khan berpidato di hadapan pendukung-pendukungnya di kota Gujranwala, dimana ia menyatakan penghormatannya atas semangat yang ditunjukkan para pendukungnya.

Ribuan kendaraan dari berbagai jenis, termasuk rickshaws (sejenis becak) turut berpartisipasi dalam konvoi menempuh jarak 350 km antara Lahore-Islamabad itu.

“Saya akan ke Islamabad dan saya ingin memastkan bahwa kita semua bebas,” kata Khan dalam pidatonya sebagaimana dikutip harian Dawn.

Wartawan BBC melaporkan bahwa kepanikan terjadi ketika konvoi yang dipimpin Khan mendapatkan serangan. Sejumlah orang mengalami luka-luka ketika orang-orang menyelamatkan diri dari serangan sementara sebagian lainnya melakukan aksi balasan. Para saksi menyebutkan, ratusan polisi dikerahkan untuk meredam kerusuhan, namun gagal.

Imran Khan mengatakan serangan itu tidak akan menyurutkan pendukung-pendukungnya untuk tetap melanjutkan aksinya di Islamabad. Ia juga menyebut aksi serangan tersebut sebagai jebakan untuk memancing kekerasan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL