polisi brazilRio de Janeiro, LiputanIslam.com — Bentrokan antara polisi dengan kelompok-kelompok penjahat di wilayah Brazil timur menewaskan setidaknya 11 orang. Demikian media-media Brazil melaporkan sebagaimana dilansir Press TV, Senin (30/3).

Televisi Brazil, Rede Globo TV, hari Minggu (29/3) melaporkan, bentrokan-bentrokan itu terjadi di negara bagian Rio Grande do Norte dan kota terbesar kedua Brazil Rio de Janeiro.

Dalam bentrokan di kota Currais Novos, Rio Grande do Norte, polisi menembak mati 7 orang perampok bank setelah mereka melawan saat akan ditangkap. Polisi juga menangkap seorang lainnya yang menjadi sopir kelompok itu.

Polisi mengklaim menemukan sejumlah senjata dan bahan peledak di dalam kendaraan mereka.

Sementara itu di Mangueira, wilayah kumuh di pinggiran Rio de Janeiro, polisi menembak mati 4 pedagang obat-obatan terlarang ketika polisi menggelar operasi pembersihan. Dalam operasi ini 2 polisi juga mengalami luka-luka akibat tembakan para penjahat tersebut,

Menurut polisi, sejumlah senjata dan granat serta lebih dari 1.000 butir peluru disita dalam operasi tersebut.

Sejak tahun 2008 polisi Brazil gencar melancarkan operasi pembersihan terhadap kelompok-kelompok kriminal di Rio de Janeiro dan kota-kota besar lainnya menjelang Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016. Namun operasi pembersihan itu dikecam para aktifis HAM karena dianggap terlalu represif.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*