LiputanIslam.com – Tercatat bahwa hingga hari Rabu (24/4) terdapat 105 kali salah entry data formulir C1 ke Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di portal pemilu2019.kpu.go.id.

Ratusan kesalahan tersebut disebabkan oleh bermacam-macam faktor. Yang dirugikan oleh kesalahan entry tersebut pun tidak hanya dari salah satu paslon saja, tetapi keduanya baik Jokowi-Ma’ruf maupun Prabowo-Sandi.

“Kesalahan entry data terjadi di kedua paslon,” ucap Komisioner KPU Viryan Azis di kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Di beberapa TPS, suara paslon 01 bertambah dan paslon 02 berkurang. Dan di beberapa TPS lain suara paslon 02 bertambah sedangkan 01 berkurang. Contohnya di TPS 11 kelurahan Karangmukti Subang Jawa Barat. Terdapat perbedaan suara entry dan scan C1. Pada paslon 02, suara entry tertulis 172 sedang berdasarkan scan C1 hanya 72.

Beberapa penyebabnya antara lain adalah salah pindai C1, salah upload C1, salah membaca tulisan pada C1, dan lainnya. (Ayu/Kompas)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*