kota London (foto:pixabay.com)

kota London (foto:pixabay.com)

Jakarta, LiputanIslam.com–Harga BBM di berbagai negara sangat beragam. Kenaikan BBM di Indonesia antara lain dikritik karena lebih mahal daripada beberapa negara. Namun, ada juga negara yang harga BBM-nya jauh lebih mahal daripada Indonesia.

Seorang blogger yang tinggal di Inggris, Ganjar, menceritakan bahwa harga bensin di negeri itu sangat mahal, sekitar Rp26.000 per liter. Namun, seperti diungkapkan Ganjar dalam blognya ganjarwy.com,  rakyat Inggris mendapatkan kompensasi besar seiring mahalnya harga bensin ini. Misalnya, biaya kesehatan di Inggris bagi anak sampai berusia 18 tahun dan ibu hamil, gratis. Untuk selain itu, kunjungan ke dokter tetap gratis tapi ada biaya resep senilai £8/resep (Rp. 160.000/resep). Tapi warga berpenghasilan rendah akan mendapatkan sertifikat khusus sehingga mendapat layanan kesehatan gratis. Berapa pendapatan yang dianggap rendah itu? Ternyata, di bawah £16,000 per tahun, atau 320 juta per tahun.Selain itu, biaya pendidikan sekolah negeri, gratis dari TK hingga SMA. Pemerintah juga memberikan banyak sekali tunjangan kepada warga negaranya, yang tergantung pada status pernikahan, jumlah anak, status pekerjaan dan jumlah gaji, dan sebagainya.

Bila dibandingkan dengan Malaysia, harga BBM Indonesia lebih mahal. Seperti dilansir tribunnews, di Malaysia, harga bensin RON 95 dan solar diesel saat ini masing-masing sebesar 2,30 ringgit (sekitar Rp 8.400) dan 2,20 ringgit (Rp 8.100) per liter.

Dengan demikian, bensin premium yang memiliki RON 88 di Indonesia lebih mahal dari bensin di Malaysia yang memiliki RON 95. Sedangkan harga BBM non subsidi, yakni Pertamax Plus yang sama-sama memiliki RON 95 masih lebih mahal dari Malaysia. Di Indonesia, harga Pertamax plus per Senin (17/11/2014) Rp 11.600 per liter.

Juga harga Pertamax yang beroktan 92, lebih mahal dari bensin Malaysia karena masih dijual seharga Rp 10.200 per liter. Padahal oktan bensin ini lebih rendah dari bensin di Malaysia.

Menanggapi perbandingan harga-harga ini, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, menolak mengatakan harga BBM di Indonesia terlalu mahal. Hitungan Bambang, harga pasar atau harga keekonomian BBM bersubsidi saat ini sebesar Rp 10.000 per liter, karena menghitung rata-rata harga minyak selama setahun. Alhasil harga BBM bersubsidi bagi Bambang adalah harga yang sesuai pasar. (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL