BhumibolBangkok, LiputanIslam.com — Kesehatan Raja Bhumibol kembali menjadi perhatian rakyat Thailand setelah batalnya rencana pertemuannya dengan calon menteri yang dituntuk Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha.

Pada hari Jumat (21/11), Raja Bhimipol yang telah berusia 86 tahun telah dijadwalkan akan bertemu dengan 2 orang calon menteri. Namun kemudian kedua pejabat itu diberitahu bahwa raja tidak bisa bertemu dengan mereka. Demikian BBC News melaporkan, Sabtu (22/11).

Bulan lalu Raja Bhumipol menjalani operasi yang memaksanya tinggal beberapa lama di rumah sakit dan kesehatannya selalu menjadi perhatian utama rakyat Thailand yang sangat menghormati rajanya. Rakyat bahkan merasa enggan untuk sekedar membicarakan suksesi kerajaan, yang di negara monarki lainnya seperti Inggris dan Monaco menjadi pembicaraan sehari-hari rakyat.

Raja Bhumibol adalah penguasa kerajaan yang paling lama bertahta. Ia telah duduk di singasana selama 67 tahun dan selama ini dipandang sebagai simbol paling penting bangsa Thailand.

Agustus lalu Jendral Prayuth Chan-ocha ditunjuk sebagai perdana menteri oleh parlemen yang didominasi anggota militer, menyusul kudeta terhadap pemerintahan sipil pimpinan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL