Newly appointed Economy, Trade and Industry Minister Yoichi MiyazawaTokyo, LiputanIslam.com — Pemerintahan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe belum reda dari hantaman skandal menteri-menterinya, meski 2 orang menterinya baru saja mengundurkan diri. Kali ini bahkan lebih ironis lagi setelah menteri yang baru diangkat 2 hari, sudah terjerat skandal memalukan.

Seperti dilaporkan BBC News, Kamis (23/10), menperindag baru Jepang, Yoichi Miyazawa, harus melakukan pembelaan publik setelah munculnya laporan bahwa sekelompok pendukungnya telah menggunakan uang partai untuk bersenang-senang di klub malam.

Beberapa anggota Miyazawa-kai, kelompok politik (LSM) yang menjadi pengumpul dan pengelola dana kampanye Yoichi Miyazawa, diketahui telah menghabiskan dana senilai 18.230 yen (sekitar Rp 2 juta) di sebuah klub malam pada bulan September 2010. Dalam laporan keuangan kelompok tersebut, biaya yang dikeluarkan itu masuk dalam pos “biaya hiburan”.

Miyazawa mengakui terjadinya aktifitas di klub malam tersebut, namun ia membantah turut serta dalam aktifitas itu.

“Memang benar biaya-biaya itu dikeluarkan, namun saya sendiri tidak pergi ke sana sama sekali,” katanya.

Klub malam tersebut dikenal dengan penampilan seksinya yang dilakukan wanita-wanita berpakaian minim. Demikian media-media lokal menyebutkan.

Pengakuan ini terjadi di masa paling sulit Perdana Menteri Shinzo Abe, setelah 2 menteri wanita andalannya pada hari Senin (20/10), mengundurkan diri karena terlibat skandal. Miyazawa sendiri ditunjuk menggantikan Menperindag yang mengundurkan diri itu, Yuko Obuchi, hari Selasa (21/10).

Miyazawa (64 tahun) adalah keponakan dari mantan Perdana Menteri Kiichi Miyazawa, dan sepupu dari Menlu Fumio Kishida.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL