pm korselSeoul, LiputanIslam.com — Perdana Menteri Korea Selatan (Korsel) Lee Wan-koo mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden terkait dengan tuduhan menerima suap, hanya 2 bulan setelah menduduki jabatannya.

Seperti dilaporkan BBC News, Selasa petang (21/4), Lee telah membantah tuduhan menerima suap 30 juta won atau sekitar Rp 300 miliar dari pengusaha Sung Wan-jong selama kampanye.

Sebuah catatan yang ditinggalkan Sung, yang meninggal bulan ini karena dugaan bunuh diri, tercatat nama delapan tokoh yang ia klaim telah menerima suap darinya, termasuk Lee.

Presiden Park Geun-hye telah menyerukan ‘investigasi menyeluruh’ atas kasus ini. Namun ia baru akan memberikan keputusan tentang pengunduran diri Lee setelah kembali dari kunjungan di Peru.

Di bawah UU Korsel, politisi dilarang menerima donasi lebih dari 100.000 won.

Lee sendiri membantah mengenal dekat Sung, pimpinan perusahaan konstruksi. Namun media-media massa setempat melaporkan hal yang sebaliknya. Sung sendiri tengah menjalani penyelidikan kasus korupsi saat ditemukan meninggal gantung diri di atas pohon bulan ini.

Sung mengatakan kepada media lokal telah menyuap 30 juta won kepada Lee pada tahun 2013 saat ia berusaha untuk terpilih kembali sebagai anggota parlemen.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL