lynchWashington DC, LiputanIslam.com — Presiden AS Barack Obama menunjuk Loretta Lynch sebagai Jaksa Agung baru menggantikan Eric Holder yang mengundurkan diri 6 minggu yang lalu. Demikian BBC News melaporkan dengan mengutip keterangan kantor kepresidenan AS, Sabtu (8/11).

Loretta Lynch adalah Jaksa Wilayah New York, dan jika disetujui Senat, ia bakal menjadi Jaksa Agung wanita kulit hitam pertama AS. Sebelumnya Holder, tercatat sebagai Jaksa Agung kulit hitam pertama AS.

BBC melaporkan bahwa Lynch (55 tahun) dikenal sebagai jaksa yang low profile dan jarang membuat kontroversi selama menjadi jaksa di Eastern District, New York.

“Ibu Lynch adalah seseorang yang seorang jaksa yang kuat dan independen yang telah 2 kali memimpin salah satu kantor kejaksaan paling penting di Amerika,” kata Jubir Gedung Putih Josh Earnest.

Penunjukan itu menyusul kemenangan Partai Republik atas kontrol Senat dalam pemilihan umum sela hari Selasa (4/11).

Lynch, kelahiran Carolina Utara dan lulusan sekolah hukum Harvard merupakan salah satu kandidat yang direkomendasikan Holder untuk menggantikannya. Ia dianggap berpengalaman dalam masalah kejahatan korporasi dan hak-hak sipil.

Eric Holder sendiri telah memimpin Kejaksaan Agung selama 6 tahun, dan dipuji oleh Obama sebagai “pembela hukum rakyat”. Namun, ia dikenal kurang akur dengan para polisisi Partai Republik di Congress terkait isu pengendalian senjata dan perkawinan sesama jenis.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL