bosnia-iadHoms, LiputanIslam.com — Bantuan kemanusiaan PBB akhirnya dapat memasuki kota Homs yang terkepung setelah pemerintah dan pemberontak melakukan gencatan senjata. Konvoi bantuan kemanusiaan direncanakan memasuki HOms pada hari Sabtu waktu setempat (8/2), atau hari kedua dari 3 hari gencatan senjata antara pemberontak dan militer Suriah yang dimediasikan oleh PBB.

“Tim-tim PBB telah mempersiapkan makanan, obat-obatan dan kebutuhan-kebutuhan dasar lainnya untuk dikirimkan secepatnya setelah kelompok penduduk sipil pertama meninggalkan Homs, dan kami berharap bisa mengimkan bantuan pada hari Sabtu,” kata Koordinator PBB untuk Suriah Yacoub El Hillo.

“Kami menghargai semua yang terlibat dalam peristiwa penting ini hari ini,” tambahnya.

Sementara jubir PBB Farhan Haq mengatakan bahwa operasi bantuan akan difokuskan pada evakuasi penduduk sipil dan mengirimkan makanan dan obat-obatan ke tempat-tempat yang terkepung oleh militer Suriah yang berusaha membersihakn kota tersebut dari para pemberontak.

Pada hari Jumat (7/2) belasan orang telah dievakuasi dari kota tersebut setelah tercapainya kesepakatan gencatan senjata. Dalam gencatan senjata tersebut disepakati para wanita, anak-anak dan orang tua akan diijinkan meninggalkan kawasan-kawasan tua kota Homs yang biasa disebut Homs Lama. Selain itu bantuan kemanusiaan juga akan diijinkan masuk untuk diberikan kepada mereka yang tetap tinggal di dalam kota.

Sementara itu ribuan warga Suriah di kota Muadamiyat al Sham yang terletak di Provinsi Rif Dimashq di dekat Damaskus, akhirnya bisa kembali ke rumahnya masing-masing setelah tercapainya gencatan senjata antara pihak-pihak yang bertikati.

Sejak dilanda konflik bersenjata antara pemerintah melawan pemberontak yang didukung negara-negara asing sejak tahun 2011 lalu, lebih dari 100.000 warga Suriah tewas menjadi korban dan lebih dari sejuta lainnya terusir dari tempat tinggal mereka.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL