nyontekNew Delhi, LiputanIslam.com — Sekitar 300 orang tua murid sebuah sekolah di negara bagian Bihar India ditangkap polisi setelah ketahuan membantu anak-anaknya mencontek dalam ujian.

Sebelumnya beredar gambar di media sosial yang menunjukkan puluhan orang memanjat dinding sekolah untuk membantu anak-anak mencontek.

Sebagaimana dilansir BBC News, Sabtu petang (21/3), selain penangkapan itu setidaknya 750 murid dari 1.400 murid yang mengikuti tes, dikeluarkan karena tindakan pencontekan massal itu.

BBC News melaporkan, meski praktik pencotekan massal itu sudah lama berlangsung, kali ini otoritas Bihar merasa dipermalukan setelah beredarnya gambar pencotekan itu di media sosial.

Perdana Menteri Negara Bagian Bihar Nitish Kumar mengecam aksi pencotekan massal itu, namun membantah hal itu mencerminkan seluruh sistem pendidikan di negara bagiannya. Ia juga mengingatkan orang tua bahwa membantu pencontekan hanya akan merugikan anak-anak mereka sendiri di masa depan.

Sementara itu Menteri Pendidikan Negara Bagian Bihar PK Shahi mengakui pihaknya selama ini membiarkan orang tua untuk turut mengawasi anak-anaknya yang tengah mengikuti ujian, berharap mereka akan membantu melakukan pengawasan dan bantuan lainnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*