bank tutup yunaniAthena, LiputanIslam.com — Pemerintah Yunani memastikan bank-bank di Yunani akan ditutup selama seminggu penuh menyusul keputusan Bank Sentral Eropa (ECB) untuk tidak memperpanjang bantuan keuangan kepada Yunani. Demikian Press TV melaporkan, Senin (29/6).

Dalam keputusan yang dikeluarkan Minggu malam, ECB menyatakan ‘langkah sangat penting’ diperlukan untuk melindungi sistem keuangan karena kekurangan likuiditas (uang). Keputusan itu dipublikasikan melalui media pemerintah setelah pemerintah Yunani memutuskan untuk menggelar referendum pada tanggal 5 Juli mendatang perihal krisis keuangan negara itu.

Selain penutupan bank-bank, pemerintah juga memutuskan untuk menutup bursa saham Athena pada hari Senin (29/6). Selain itu, penarikan uang dari bank juga dibatasi hanya €60 per-hari selama seminggu.

Sementara itu tentang kebuntuan perundingan bantuan keuangan antara lembaga-lembaga kreditor, dalam ini Uni Eropa, dengan pemerintah Yunani minggu lalu, kedua pihak saling menyalahkan. Para menteri keuangan Uni Eropa menuduh pemerintah Yunani sengaja menghentikan perundingan, sementara pemerintah Yunani menuduh para kreditor sebagai ‘tidak jelas’.

Keputusan penggelaran referendum telah disetujui oleh parlemen Yunani.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL