banjir kaliforniaLos Angeles, LiputanIslam.com — Hujan lebat memicu terjadinya banjir dan tanah longsor di wilayah selatan California, AS, Jumat (12/12). Setidaknya seorang warga tewas dan ratusan orang mengungsi akibat bencana ini.

Sebagaimana dilansir BBC News, Sabtu (13/12) korban tewas ditemukan di kanal drainase di selatan pinggiran kota Los Angeles. Selain Los Angeles, kota Camarillo Springs yang terletak 80 km Los Angeles juga mengalami terjangan tanah longsor yang menghancurkan setidaknya 18 rumah.

Sementara itu di San Francisco, Kamis (11/12), angin kencang merusak jaringan listrik dan mengakibatkan sebagian kota mengalami pemadaman. Lebih dari 200.000 warga kota itu masih tanpa penerangan sampai Jumat.

Ahli cuaca dari National Weather Service, Mark Jackson mengatakan bahwa curah hujam mencapai 2 inchi (50 mm) selama 2 jam di dekat Camarillo Springs, sebelum tanah longsor melanda kota itu.

Para pejabat setempat memerintahkan evakuasi terhadap sekitar 100 rumah di kota itu. Sebanyak 1.000 lainnya di kota yang berdekatan, Glendora, juga diperintahkan untuk mengungsi untuk menghindari longsor.

Di Los Angeles, petugas penolong menyelamatkan 2 orang warga yang terseret banjir di Los Angeles River.

Sebelumnya pada hari Kamis 3 orang tewas di Oregon ketika sebuah pohon tumbang akibat angin kencang, menimpa tenda mereka.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL