narendra modiNew Delhi, LiputanIslam.com — Perdana Menteri India Narendra Modi menuai kontroversi setelah beredarnya foto baju jas yang dikenakan Modi saat bertemu Presiden AS Barack Obama baru-baru ini. Baju jas khusus yang bermotif nama “Narendra Modi” dengan harga ditaksir senilai Rp160 juta itu dianggap tidak pantas.

Dari jauh, jas yang dikenakan Modi tampak seperti motif biasa, namun jika didekati tampak motif khusus tersebut di atas. Demikian BBC melaporkan, Jumat (30/1).

Para pengkritik di media sosial menyebut hal itu sebagai bentuk “obsesi berlebihan” Narendra Modi. Sementara sebuah blog di The Times of India menyebutnya sebagai “narsis”. Sedangkan Firstpost.com menyebut Narendra Modi “yang selalu menyerukan pada pendukungnya untuk menjadi pelayan, justru tampak seperti seorang raja”.

Seorang politisi senior dari partai oposisi Congress, Jairam Ramesh, menyebut Modi sebagai “megalomaniac”. Kartunis terkenal Manjul juga membuat gambar kartun satire yang sangat pedas tentang hal ini.

Sementara itu penulis Krishan Pratap Singh mempertanyakan harga jass tersebut yang berlebihan, terutama dihadapkan pada kebanyakan rakyat India yang miskin.

Belum ada komentar dari Modi tentang hal ini, namun ia bukan pemimpin dunia ketiga pertama yang melakukan hal seperti ini. Pada bulan Maret 2011 lalu mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak juga terlihat mengenakan baju sejenis.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*