Tampa, LiputanIslam.com—Sekelompok relawan yang membagikan makanan gratis kepada para tunawisma di Tampa, Florida, ditangkap oleh polisi karena dinilai melakukan “kejahatan kedermawanan (crime of generosity)”.

Dalam video-video yang disebarkan oleh para saksi, terlihat beberapa petugas polisi memborgol para relawan yang tergabung dalam kelompok sosial Food Not Bombs yang rutin membagikan makanan kepada tunawisma di kawasan urban.

Polisi melaporkan ketujuh relawan yang ditangkap telah melanggar hukum karena membagikan makanan tanpa izin. Food Not Bombs mengaku mereka sudah menggelar kegiatan ini selama lebih dari 100 kali di lokasi yang sama dan tak pernah sebelumnya dihalang-halangi oleh pihak berwenang.

Food Not Bombs Tampa kemudian merilis pernyataan publik bahwa mereka akan terus menggelar kegiatan rutin mereka meski mendapat ancaman dari polisi lokal.

“[Food Not Bombs] tidak akan berhenti membagikan makanan kepada para tunawisma yang kelaparan dan akan terus menentang aturan yang tak adil yang mengkriminalisasi sifat kedermawanan dan saling mambantu,” demikian  yang tertulis di dalam pernyataan mereka. “Kami berencana membuka kejahatan pemerintah kota [Tampa] di depan ribuan orang yang masih kesulitan mendapat makanan dan layanan kesehatan…”

“Kedermawanan tidak boleh dikriminalisasi,” tulis mereka.

Menurut website Photography Is Not a Crime, penangkapan ini adalah bagian dari upaya pemerintah Tampa dalam membersihkan kota dari elemen-elemen “tak diinginkan” menjelang pertandingan sepakbola nasional antara Clemson dan Alabama. (ra/usuncut)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL