anak Yaman di kota Sana’a

New York, LiputanIslam.com—Organisasi global The Watchlist on Children and Armed Conflict (WCAC) yang bertujuan membela anak-anak dalam konflik bersenjata, pada Rabu lalu meminta Sekjen PBB General Antonio Guterres untuk memblokir Arab Saudi dan Israel sebagai penjahat HAM anak.

WCAC meningatkan bahwa Arab Saudi pernah diblokir pada tahun lalu leh mantan Sekjen Ban Ki-moon setelah pemerintah Saudi mengancam akan berhenti mendanai sejumlah program PBB.

Arab Saudi telah menyerang Yaman sejak Maret 2015 dalam rangka membuat pemerintahan sebelumnya kembali berkuasa dan menghancurkan gerakan Houthi Ansarullah.

“Pada 2015, tentara koalisi pimpinan Arab Saudi membunuh dan melukai anak-anak, menyerang sekolah-sekolah dan rumah rumah sakit yang telah terdokumentasikan dalam laporan sekjen tahun 2016 mengenai anak-anak dan konflik bersenjata,” tulis WCAC dalam laporannya.

Laporan tersebut juga berisi sejumlah kejahatan yang dilakukan tentara Israel di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

“Pada 30 August 2016, terdapat laporan mengenai praktik Israel yang menyeleweng HAM orang-orang Palestina di kawasan pendudukan, Sekretaris Jenderal mengatakan angka kejahatan mulai meninggi di pertengahan bulan September 2015 dan berlanjut sampai 2016,” tulis laporan tersebut, dengan menambahkan bahwa setidaknya 232 Palestina, termasuk 52 anak-anak, terbunuh dalam jangka waktu tersebut. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL