Jenewa, LiputanIslam.com–Empat organisasi HAM dan kebebasan pers internasional mendesak investigasi PBB atas dugaan pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi.

Keempat organisasi ini adalah Human Rights Watch, Amnesty International, Komite Perlindungan Jurnalis, dan Reporters Without Borders.

Menurut pernyataan mereka pada Kamis (18/10/18), sebuah investigasi oleh PBB dapat mengungkap nasib sang jurnalis dan mencegah “cuci otak”.

“Turki harus memanggil PBB untuk menginisiasi sebuah investigasi yang tepat waktu, kredibel, dan transparan,” kata Robert Mahoney, wakil direktur eksekutif Komite Perlindungan Jurnalis.

“Keterlibatan PBB adalah jaminan terbaik melawan upaya cuci-otak Saudi atau upaya oleh pemerintah lain untuk menyembunyikan isu ini untuk menjaga hubungan bisnis yang menguntungkan dengan Riyadh.”

Direktur PBB di Human Rights Watch, Louis Charbonneau, menyebut bahwa keluarga Khashoggi dan seluruh dunia layak mendapatkan kebenaran penuh tentang apa yang terjadi dengan sang jurnalis. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*