sirkuit bakuBaku, LiputanIslam.com — Negara pecahan Uni Sovyet yang kaya minyak, Azerbaijan akan menjadi penyelengga lomba balap F-1 tahun 2016 mendatang. Ini merupakan salah satu simbol keberhasilan ekonomi negara tetangga Iran dan Rusia tersebut.

“Kami senang Baku (ibukota Azerbaijan) telah menjadi keluarga Formula One,” kata Direktur Eksekutif F-1 Bernie Ecclestone sebagaimana dilaporkan kantor berita Inggris Press Association, Jumat (25/7).

Azerbeijan terletak di pantai barat Laut Kaspia, terletak di perbatasan Eropa-Asia dengan Iran berada di sebelah selatan dan Rusia di utaranya.

Namun penunjukan Baku sebagai tempat balap F-1 menyebabkan satu tempat lain yang sebelumnya menjadi penyelenggara, harus dibatalkan. Dalam setahun F-1 menyelenggarakan 20 lomba balap di berbagai negara di dunia.

“Ini akan menjadi lomba jalanan yang menarik, yang akan melalui bagian-bagian menarik kota Baku, yang sesuai dengan kriteria Formula One saat ini,” tambah Ecclestone.

F-1 semakin banyak memberikan porsi kepada negara-negara Eropa timur, dengan Rusia bakal menjadi penyelenggara pertama musim lomba mendatang, di kota penyelenggara olimpiade musism dingin Sochi, Oktober mendatang.

“Lokasi kami yang berada di antara Eropa timur dan Asia Barat adalah perbatasan baru lomba Formula One,” kata menpora Azerbaijan Azad Rahimov.

“Kesepakatan untuk membawa Formula One ke Baku adalah babak baru yang signifikan dari keberhasilan-keberhasilan kami menyelenggarakan beberapa kegiatan olahraga terbesar di dunia di negara kami,” tambahnya.

Dari 20 lomba F-1 mendatang, Baku akan menjadi lomba F-1 di jalanan ketiga setelah Monaco dan Singapura. Selebihnya adalah lomba di arena khusus.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL