vladivostok2Saint-Nazaire, LiputanIslam.com — Kapal induk helikopter buatan Perancis yang dipesan Rusia, Vladivostok, berhasil menyelesaikan sejumlah latihan bersama 200 pelaut Rusia, Senin (22/9).

Kapal Vladivostok meninggalkan pelabuhan Saint-Nazaire untuk memulai latihan pada tanggal 13 September lalu. Kapal ini akan menjalankan program latihan berikutnya hari Selasa (23/9) dengan awal kapal Rusia yang baru. Demikian laporan media Rusia RIA Novosti.

Vladivostok merupakan satu dari 2 kapal modern buatan Perancis kelas Mistral yang dipesan Rusia dengan nilai kontrak $1,2 miliar. Penandatanganan dilakukan oleh perusahaan pembuat kapal Perancis DCNS dengan BUMN senjata Rusia Rosoboronexport tahun 2011.

Vladivostok dijadwalkan sudah diterima oleh Rusia pada bulan Oktober mendatang. Sedangkan kapal kedua, Sevastopol baru akan dikirimkan ke Rusia tahun depan. Namun karena adanya konflik Ukraina yang melibatkan Rusia, Presiden Perancis mengumumkan akan menunda pengiriman Vladivostok.

Dalam perkembangan selanjutnya, jubir pemerintah Perancis mengatakan kepada RIA Novosti bahwa Perancis secara resmi tidak menunda pengiriman, dan pernyataan Presiden Perancis hanyalah sekedar untuk menunjukkan sikap politik Perancis soal krisis di Ukraina.

Awal bulan lalu, DCNS dan serikat pekerja Perancis menggelar aksi menentang sikap pemerintah untuk menunda pengiriman Vladivostok.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL