koreaGwangju, LiputanIslam.com — Sebanyak 15 orang awak kapal feri “Sewol” yang tenggelam dan menewaskan 300 orang pada bulan April lalu, menjalani sidang perdana, Senin (10/6).

Kapten kapal Lee Joon-seok (69 tahun) dan 3 staff kapal lainnya menerima tuduhan “pembunuhan karena kecerobohan”, sedang yang lainnya menghadapi tuduhan lebih ringan.

Pengadilan yang berlangsung di distrik Gwangju ini akan difokuskan pada tindakan Lee dan anak buahnya yang telah melarikan diri dari kapal saat ratusan penumpangnya terjebak di dalam kapal.

Sebagian besar korban adalah pelajar sekolah menengah dan banyak dari keluarga mereka yang hadir dalam persidangan.

Jika terbukti, Lee dan 3 staff yang menghadapi tuduhan serupa bisa dijatuhi hukuman mati, namun para pengamat yakin hukuman tersebut tidak akan terwujud. Para anggota keluarga korban meminta para terdakwa itu dijatuhi hukuman berat.

Sementara itu polisi masih belum menemukan keberadaan Yoo Byung-Eun, yang diyakini sebagai pemilik sebenarnya perusahaan operator kapal feri “Sewol”, Chonghaejin. Ia menjadi buronan penting aparat penegak hukum setelah menghindari pemanggilan polisi dan polisi yang menjemputnya pun tidak lagi menemukan keberadaannya.

Putri Yoo, Yoo Som-Na (47 tahun) telah ditahan oleh polisi Perancis setelah mereka menerima surat perintah penangkapan dari interpol. Ia kini menunggu proses untuk diekstradisi ke Korea Selatan.

Pemerintah Korea juga mengeluarkan perintah penangkapan terhadap putra tertua Yoo, Yoo Dae-Kyun, serta imbalan senilai $100.000 bagi yang bisa memberikan informasi keberadaannya. Informasi keberadaan Yoo Byung-Eun sendiri dihargai $500.000.

Meski baru menjalani persidangan, ke-15 terdakwa tersebut telah mendapatkan vonis bersalah di mata publik Korea Selatan yang marah pada tindakan tidak profesional mereka yang mengakibatkan ratusan pelajar tewas.

Angka resmi yang dikeluarkan otoritas Korea Selatan menyebutkan bahwa sebanyak 292 tewas dalam insiden tersebut dan 12 penumpang lainnya masih belum ditemukan.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL