menlu australiaSydney, LiputanIslam.com — Pemerintah Australia merasa pesimis untuk bisa mengalahkan kelompok teroris ISIS.

Hal itu disampaikan oleh Menlu Julie Bishop dalam laporan Sydney Morning Herald (SMH) yang dikutip oleh RIA Novosti, Senin (8/9).

“Menurut saya itu adalah tidak mungkin. Sudahkah kita menghancurkan al-Qaeda?” kata Bishop kepada SMH.

Menurut Bishop, ISIS adalah sebuah ideologi sebagaimana kekuatan militer, dan karenanya tidak mungkin dihapuskan sama sekali. Ia juga menambahkan bahwa tujuan NATO hanyalah menghentikan perkembangan ISIS ke luar wilayah Suriah dan Irak dan mencegahnya melakukan tindakan-tindakan pembunuhan massal.

Meski demikian Bishop tidak menyalahkan pernyataan Presiden Barack Obama untuk menghancurkan ISIS, namun menghancurkan kelompok itu adalah sesuatu yang sulit.

Dalam KTT NATO di Wales minggu lalu, Obama mengumumkan pembentukan “koalisi internasional untuk menghancurkan ISIS”. Pengumuman ini dilakukan setelah ISIS merilis video pembunuhan wartawan kedua asal AS.

Sejauh ini “koalisi internasional” itu terdiri dari anggota-anggota NATO, AS, Inggris, Perancis, Jerman, Kanada, Australia, Turki, Italia, Polandia dan Denmark. Obama menyerukan negara-negara Arab untuk bergabung.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL