orion australiaCanberra, LiputanIslam.com — Pesawat militer Australia melakukan penerbangan “freedom of navigation” di atas wilayah yang diklaim Cina di Laut Cina Selatan. Demikian kantor berita BBC melaporkan, Selasa (15/12).

Menurut laporan itu BBC berhasil menyadap komunikasi radio yang menunjukkan bahwa sebuah pesawat militer Australia telah melakukan penerbangan tersebut.

“Angkatan Laut Cina, Angkatan Laut Cina, kami pesawat Australia tengah melakukan penerbangan ‘international freedom of navigation rights’ di wilayah udara internasional, sesuai dengan konvensi penerbangan sipil internasional, dan konvensi PBB tentang kelautan, over,” demikian pesan radio yang dilaporkan BBC News tersebut.

BBC mengklaim berhasil mendapatkan komunikasi itu melalui wartawannya Rupert Wingfield-Hayes saat berada di dalam penerbangan pesawat sipil Filipina.

Terkait dengan laporan itu Departemen Pertahanan Australia mengatakan bahwa satu pesawat pengamat P-3 Orion telah melakukan penerbangan patroli maritim rutin sebagai bagian dari upaya menjaga keamanan dan stabilitas regional.

Pada bulan November lalu pesawaat pembom B-52 AS juga melakukan penerbangan di atas wilayah yang diklaim Cina di Laut Cina Selatan yang membuat marah Cina. Namun AS berdalih berhak untuk melakukan penerbangan itu.

Cina terlibat pertikaian wilayah dengan sejumlah negara tetangga di sekitar Laut Cina Selatan, setelah mengklaim seluruh wilayah Laut Cina Selatan sebagai wilayahnya, termasuk wilayah Kepulauan
Spratly.

Cina diketahui telah mereklamasi sejumlah pulau karang di kepulauan itu dan membangun sejumlah fasilitas sipil dan militer di atasnya. AS menentang aksi tersebut dan mengingatkan Cina untuk menghentikan tindakan tersebut.

Penerbangan ‘Freedom of Navigation’ digalakkan AS untuk mengkonter klaim Cina atas wilayah-wilayah sengketa. Berdalih menjaga konvensi PBB untuk Kelautan yang tidak diratifikasi AS, AS melakukan operasi ini pada tahun 2013 dan 2014, terhadap Cina, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam. Negara-negara itu semua mengklaim wilayah yang sama di Laut Cina Selatan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL