shark attackSydney, LiputanIslam.com — Otoritas Australia menggelar operasi pencarian besar-besaran terhadap seekor ikan hiu yang telah membunuh seorang peselancar asal Jepang di pantai New South Wales, Senin (9/2).

Tadashi Nakahara (41 tahun), tewas akibat luka-luka yang dialaminya akibat serangan tersebut. Polisi memuji teman-temannya yang berhasil menyeretnya ke pantai dan tidak menjadi santapan bulat-bulat hiu tersebut.

Para ahli hiu kini tengah bekerja untuk menentukan hiu yang bertanggungjawab atas serangan itu dan mengetahui apakah masih terdapat ancaman lebih lanjut. Laporan-laporan menyebutkan, kaki Nakahara dimangsa oleh hiu tersebut, namun tidak ada konfirmasi dari otoritas setempat.

Sydney Morning Herald menyebutkan pelaku penyerangan adalah seekor ikan hiu yang sangat besar. Demikian laporan BBC News. Polisi mempercayai bahwa penyerang tersebut adalah ikan hiu jenis hiu putih.

“Karena seekor ikan yang menyerang orang di atas papan selancar tentu adalah ikan yang sangat besar,” katanya.

Puluhan pencari dengan menggunakan kapal, jetski hingga helikopter telah menyisir kawasan pantai utara New South Wales untuk mencari hiu tersebut.

Nakahara adalah pekerja di sebuah hotel setempat dan dikenal baik oleh para peselancar. Menyusul serangan itu, kawasan pantai tersebut kini ditutup untuk sementara.

Serangan hiu merupakan salah satu masalah serius di Australia. Pada bulan September 2014 lalu misalnya, seorang warga Inggris tewas diserang ikan hiu di Byron Bay. Berbagai upaya telah dilakukan otoritas Australia untuk mengurangi serangan tersebut, termasuk memasang jaring-jaring perangkap hiu di berbagai tempat.

Selain hiu, Australia juga memiliki binatang predator lain yang tidak kalah ganas, yaitu buaya air asin yang menghuni wilayah utara Australia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL