australisCanberra, LiputanIslam.com — Otoritas Australia menggelar operasi penyelamatan terhadap seorang penjelajahnya yang jatuh sakit di daratan Antartika. Demikian BBC News melaporkan, Senin (23/3).

Penjelajah yang tidak disebutkan identitasnya itu mengalami sakit serius mendadak di pangkalan penelitian Davis di Antartika dan harus dievakuasi dengan helikopter menuju kapal pemecah es ‘Aurora Australis’ yang memiliki peralatan medis lengkap.

Kapal ‘Aurora Australis’, dua hari yang lalu telah berusaha menuju ke pangkalan Davis untuk memberikan pertolongan, namun harus kembali setelah menghadapi salju tebal. Pasien tersebut kini dibawa ke kota Hobart dan kondisinya dikabarkan serius namun stabil.

Menlu Lingkungan Hidup Greg Hunt mengatakan, Senin (23/3), dibutuhkan waktu 2 hari untuk membawa pasien itu ke Hobart.

“Ia adalah salah seorang penjelelajah terbaik kita. Semua tanda-tanda medis menunjukkan kondisinya stabil, namun kita tidak bisa memberikan jaminan dalam setiap kegiatan di Antartika,” kata Hunt kepada ABC.

Davis adalah pangkalan penelitian permanen Australia di Antartika. Di musim panas pangkalan ini dihuni hingga 120 orang. Namun di musim dingin hanya dihuni oleh 18 orang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*