mh370 searchingPerth, LiputanIslam.com — Para pejabat Australia dilaporkan telah menghentikan upaya pencarian udara terhadap pesawat Malayisa Airlines MH370 di perairan selatan Samudera Hindia setelah tujuh minggu tidak didapatkan hasil apapun

Namun, seperti diberitakan Malaysian Insider, Rabu (30/4),  beberapa kapal akan tetap tinggal di wilayah ini, untuk mencari puing-puing yang mungkin berada di permukaan laut.

Telah lebih dari 600 personil militer dari setidaknya 7 negara dilibatkan dalam upaya pencariaan kapal yang mengangkut 239 penumpang dan awak kapal ini. Namun, sebagian besar dari mereka akan mulai meninggalkan Perth.

Menurut laporan CNN, sebagian besar awak udara akan meninggalkan Royal Australian Air Force Base Pearce, di dekat Perth,  selama beberapa hari kedapan. Bahkan, sebelum perpisahan terakhir, mereka sempat melakukan foto bersama.

Pada hari Selasa (29/4), Perdana Menteri Australia Tony Abbott dilaporkan telah mengatakan bahwa kemungkinan menemukan puing-puing apapun pada permukaan laut itu “sangat tidak mungkin”. Ia menambahkan “sebagian besar puing-puing mungkin tergenang dan mungkin telah tenggelam”.

“Saya menyesal mengatakan bahwa sejauh ini, usaha kami di udara, di permukaan, atau di bawah laut, sia-sia. Tidak ada puing apapun,” katanya.

Meski demikian, pencarian akan bergerak ke tahap berikutnya, yakni sebuah pencarian bawah air yang diperkirakan bisa menghabiskan biaya sebesar $ 56 juta. Pencarian akan dilakukan di zona yang lebih besar yakni, 60 ribu meter persegi, dan akan memakan waktu setidaknya 6-8 bulan.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL