china_vietnam_sprat_464Hanoi, LiputanIslam.com — Satu delegasi diplomatik Cina kini tengah terlibat pembicaraan intensif dengan mitranya dari Vietnam untuk menyelesaikan ketegangan hubungan hubungan kedua negara yang memburuk beberapa waktu terakhir.

Delegasi diplomatik Cina yang dipimpin pejabat Councillor Yang Jiechi, tiba di Hanoi, Selasa (17/6), dan kini tengah terlibat pembicaraan intensif dengan pejabat-pejabat Vietnam.

Kementrian Luar Negeri Cina dalam pernyataannya tentang kepergian delegasi tersebut ke Vietnam mengatakan bahwa Beijing berharap adanya sebuah “pertukaran pendapat yang jujur dan mendalam”.

Bulan lalu Cina memindahkan sebuah fasilitas pengeboran minyak lepas pantai ke Kepulauan Paracel di Laut Cina Selatan yang diklaim sebagai wilayah Vietnam. Aksi tersebut langsung memicu aksi-aksi kekerasan anti-Cina di Vietnam yang menelan korban beberapa orang warga Cina dan memaksa ribuan pekerja Cina lainnya meninggalkan Vietnam. Belasan pabrik yang diduga milik warga Cina juga dibakar oleh para perusuh.

Sebagain respon, selain menarik sejumlah besar tenaga kerjanya dari Vietnam, Cina juga membatasi perdagangan kedua negara. Sementara itu di perairan sengketa kapal-kapal Vietnam dan Cina terlibat adu tabrak yang menyebabkan sebuah kapal nelayan Vietnam tenggelam setelah ditabrak kapal Cina. Sementara Cina menuduh Vietnam melakukan lebih dari 1.400 kali aksi penabrakan terhadap kapal-kapal Cina.

Jubir kemenlu Vietnam Le Hai Binh mengatakan bahwa masalah pengeboran minyak tersebut menjadi salah satu agenda pembicaraan utama. Sementara jubir kemenlu Cina Hua Chunying menyatakan harapan Cina bahwa Vietnam akan lebih memperhatikan hal-hal yang lebih besar.

Cina telah menegaskan bahwa pengeboran minyak tersebut akan tetap berada di tempatnya hingga Agustus mendatang.

Kedua negara telah melakukan pengaduan ke PBB dengan menyerahkan sejumlah bukti masing-masing. Salah satu bukti yang diberikan Cina adalah buku sejarah lama Vietnam yang menyebutkan bahwa Kepulauan Paracel adalah wilayah Cina.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL