Syiah Malaysia

Sumber Foto: ABNA

Perak, LiputanIslam.com — Kira-kira 200 orang muslim Syiah ditangkap Jabatan Agama Islam Perak ketika menyambut ulangtahun kelahiran Sayyidah Zainab binti ‘Ali a.s di negeri Perak pada Sabtu (8/3). Penceramah pada acara tersebut yaitu Syeikh Abdullah bin Hasan juga dilaporkan ikut ditangkap.

Sekitar 100 aparat polisi tiba-tiba datang dengan membawa mobil tahanan dan langsung memaksa mereka masuk untuk dibawa ke kantor polisi setempat. Pihak polisi yang bertugas menyatakan mereka tidak mengetahui secara pasti sebabnya[mereka harus menangkap], mereka diminta oleh JAI Perak untuk menahan muslim Syiah saat mengadakan acara. Tuduhan sementara dari JAI Perak, warga Muslim Syiah itu sesat karena mengadakan peringatan wiladah Sayyidah Zainab.

 Penangkapan ini tidak disertai dengan surat perintah dari otoritas penegak hukum dan hanya berbekal perintah sepihak dari JAI Perak. Malah menurut beberapa sumber mata, kampanye anti Syiah dan penangkapan ini lebih bermotif politik ketimbang agama.

Kasus penangkapan atas nama agama ini terjadi di tengah keresahan Malaysia menyusul aksi boikot pengusaha Iran terhadap beberapa komoditas Malaysia.

Semua yang ditahan dibawa ke kantor polisi dengan truk dan dilaporkan telah ditahan, termasuk anak-anak. Pihak kepolisian menyediakan makanan kepada tahanan tersebut kira-kira pukul 10 malam waktu Malaysia.

Informasi dari kontributor Liputan Islam di Malaysia, saat berita ini diturunkan (9/3) dikabarkan bahwa semua muslim Syiah yang ditahan telah dibebaskan. Sebelumnya beredar isu bahwa tahanan hanya bisa dibebaskan dengan sejumlah uang tebusan, namun hal itu ternyata tidak benar. Mereka dibebaskan dengan adanya jaminan dari JAIP, dan dikembalikan ke tempat mereka mengadakan perayaan milad Sayyidah Zainab binti ‘Ali as. (LiputanIslam.com/abna,islamtimes/af,lb)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL