4gJakarta, LiputanIslam.com — Kabar gembira untuk netizen Indonesia. Pemerintah telah mencapai kesepakatan untuk membuka jaringan 4G LTE bagi operator telekomunikasi. Layanan itu dipastikan bisa dikomersialkan pada awal Desember tahun ini. Untuk permulaan, pemerintah akan membuka pada frekuensi 900 Mhz.

“Desember. Sekarang 900 Mhz. Kemudian awal tahun depan kita akan tata untuk menyiapkan frekuensi di 1.800 Mhz, 2.100 Mhz, dan 2.300 Mhz, tapi 2.300 Mhz sudah kan sebetulnya,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, 27 November 2014, seperti dilansir okezonenews.

Operator mana saja yang akan digandeng untuk jaringan 4G ini?

“Ada tiga operator (telekomunikasi), kalian pasti tahu lah,” ucapnya.

Diperkirakan operator yang dimaksud oleh Menkominfo yakni tiga pemain incumbent seperti Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata. Pasalnya, masing-masing operator sudah gencar melakukan uji jaringan supercepat tersebut.

Namun, Rudiantara menghimbau kepada operator untuk segera membereskan ekosistem yang belum rampung pada jaringan 4G tersebut.

SIM Card-nya sudah siap belum, handset-nya sudah tersedia belum. Jangan karena ini kompetisi, cuma dua lokasi yang di ULO, karena yang penting dulu-duluan 4G. Itu nggak boleh, enak saja,” jelas dia.

4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telpon pintar dan laptop menggunakan modem usb.

Salah satu produk yang menggunakan jaringan 4G adalah Bolt. Bolt Super 4G LTE, yang merupakan merek dagang dari PT. Internux yang menyediakan layanan LTE 4G sejak 14 November 2013. Area layanan yang dijangkau untuk pertama kali adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan potensi pasar sekitar 30 juta orang. Teknologi yang diterapkan adalah Time Division Duplex (TDD-LTE) pada frekuensi 2300 MHz. Dari berbagai testimoni pengguna Bolt, rata-rata mengaku puas atas kecepatan akses internet. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL