basharBashar al Assad diyakini bakal memenangkan pemilihan presiden Suriah mendatang jika ia mengikutinya. Hal ini disampaikan oleh seorang pejabat senior Iran yang merupakan sekutu strategis Suriah.

“Jika Presiden Assad memutuskan untuk turut serta dalam pemilu, ia akan memenangkannya,” kata Hossein Amir Abdollahian, deputi menlu Iran untuk kawasan Arab dan Afrika dalam wawancara dengan media Jerman Der Spiegel hari Kamis (23/1).

Menurut Abdollahian, Assad diperkirakan akan memenangkan 90% suara. “Namun untuk pastinya, ia akan meraih 50-60%. Kami telah melakukan survei atas hal ini,” tambah Abdollahian. Amir Abdollahian menyebut bahwa Assad telah berhasil menerapkan langkah-langkah yang efisien dalam menangani konflik yang terjadi di negaranya. Namun untuk benar-benar memenangkan hari rakyat, Bashar al Assad harus melakukan langkah-langkah reformasi.

“Suriah, sebagaimana juga negara-negara Arab lainnya, membutuhkan reformasi. Pemerintah harus mendapatkan keputusan yang tepat.”

Terkait posisi Iran atas krisis di Suriah, Abdollahian menegaskan bahwa krisis Suriah tidak akan bisa diselesaikan secara militer. “Cara demokratis adalah perlu dan itu harus berujung pada pemilihan umum,” tambah Abdollahian lagi.

Amir Abdollahian lebih jauh menyebutkan bahwa bantuan senjata kepada kelompok-kelompok teroris harus dihentikan agar rakyat Suriah bisa melaksanakan pemilihan umum.

“Setelah ini pemerintah dan oposisi harus memulai langkah dialog,” kata Abdollahian lagi seraya mengingatkan bahwa Suriah kini telah menjadi serang Al Qaida yang baru.(CA/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL