ashton_zarif_151013Wina, Liputanislam.com—Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, ketua Sextet of Powers (P5+1),  bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad  Javad Zarif Senin 17 Februari di Wina, Austria.

Ashton memuji kemajuan yang dicapai dalam kerjasama antara Iran dan International Atomic Energy Agency (IAEA) menyusul isu terkait program energi nuklir Teheran.

Berbicara dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB di New York  Jum’at kemarin, Ashton menyinggung perkembangan terakhir mengenai kerjasama yang sedang berlangsung antara Iran dan IAEA serta kelanjutan pembicaraan nuklir Teheran dengan Sextet of Powers.

Seraya menunjukkan optimisme bahwa negosiasi itu akan membawa banyak kemajuan, Ashton juga kembali menegaskan tekad Sextet untuk meneruskan negoisasi yang serius dengan Iran. Dia menekankan bahwa para negosiator akan melakukan yang terbaik guna mencapai kesepakatan akhir meski pembicaraan nanti akan sangat rumit dan menantang.

Iran dan lima negara anggota tetap DK-PBB—Rusia, Cina, Perancis, Inggris dan Amerika-plus Jerman (P5+1), dijadwalkan mengadakan pembicaraan lebih lanjut pada Selasa 18 Februari di Wina.

Pertemuan ini akan menjadi titik terang pelaksanaan persetujuan nuklir interim antara Iran dan 6 kekuatan dunia yang sebelumnya diraih di Jenewa pada 24 November 2013.(lb/sahartv/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL