kapal asKiev, LiputanIslam.com — AS menuduh pesawat tempur Rusia telah melakukan tindakan provokasi terhadap kapal perangnya yang tengah berlayar di perairan internasional di Laut Hitam.

Seperti dilansir Press TV, pada hari Senin (1/6) Angkatan Laut AS merilis video tentang insiden ‘provokasi’ tersebut, setelah media-media Rusia melaporkan pesawat tempur SU-24 Rusia berhasil mengusir kapal perang ‘destroyer’ AS, USS Ross yang berusaha menerobos wilayah Rusia.

Dalam pernyataannya, komando Angkatan Laut AS untuk wilayah Eropa-Afrika, mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi ketika USS Ross tengah menjalani patroli rutin di perairan internasional, setelah lepas sauh dari pelabuhan Costanta, Rumania.

Pada saat itulah sebuah pesawat tempur Rusia muncul dan terbang rendah di atas USS Ross beberapa kali.

“Ross melanjutkan misinya setelah mengetahui pesawat (Rusia) itu kembali ke pangkalannya,” demikian  pernyataan tersebut mengungkapkan.

“USS Ross tidak pernah melakukan tindakan agresif ataupun mengubah arah dalam misi operasinya.”

Dalam video itu terlihat pesawat tempur Rusia terbang sekitar 500 meter sebelah barat kapal USS Ross pada ketinggian 600 kaki.

Terkait insiden itu, jurnalis investigatif Amerika, Wayne Madsen mengatakan kepada Press TV bahwa tindakan dan kebijakan AS terhadap Rusia di kawasan Laut Hitam akan dapat memicu Perang Dunia III.

“Saya percaya bahwa orang-orang itu (para pemimpin AS) akan menggiring kepada Perang Dunia III,” kata Madsen.

Ia pun membandingkan seandainya kapal-kapal perang Rusia berlayar di dekat wilayah AS seperti di Teluk Meksiko, AS tentu akan bereaksi keras.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL