wanted bogachevWashington DC, LiputanIslam.com — Kepolisian Federal AS FBI mengumumkan hadiah $3 juta bagi penangkapan seorang hacker asal Rusia, Evgeniy Bogachev. Ini adalah hadiah terbesar yang pernah ditawarkan pemerintah AS bagi penangkapan pelaku kejahatan siber.

Evgeniy Bogachev dituduh menjadi dalang kejahatan siber yang telah merugikan AS hingga lebih dari $100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun. Ia diketahui terakhir berada di Rusia dan diyakini masih berada di negara ini. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Selasa (24/2) petang.

Namun penangkapan Bogachev diperkirakan tidak akan mudah, mengingat Rusia tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan AS.

Bogachev yang dikenal dengan julukan “lucky12345” dan “slavik”, dituduh menjalankan jaringan hacker GameOver Zeus yang telah menyerang lebih dari sejuta komputer. Para korbannya tertipu untuk mendownload software virus yang membongkar informasi keuangannya.

Tahun lalu Evgeniy Bogachev didakwa melakukan sejumlah kejahatan termasuk konspriasi, penipuan, dan pencucian uang setelah FBI mengklaim berhasil membongkar jaringannya. Kejahatan tersebut menjadikan Bogachev sebagai salah satu penjahat terbesar yang diburu oleh FBI. Demikian BBC News menyebutkan.

“Hadiah ini mengukuhkan komitmen pemerintah AS untuk menyeret mereka yang terlibat dalam kejahatan terorganisir ke pengadilan, apakah mereka bersembunyi di dunia maya ataupun tinggal di luar negeri,” kata Kemenlu AS dalam pernyataannya tentang kasus ini.

Hadiah sebesar $3 juta itu akan diberikan kepada siapapun yang bisa memberikan informasi yang mengarah kepada penangkapan Bogachev ataupun informasi yang mengarah kepada pengakuan Bogachev.

Kepala Divisi Kejahatan Siber FBI Joseph Demarest, mengungkapkan kepada Reuters bahwa aparat keamanan telah menyatakan keinginan untuk bekerjasama dalam penanganan kejahatan, siber, namun tidak terlibat dalam kasus Bogachev ini.

Ia juga mengungkapkan kekhawatirannya bahwa terdapat indikasi keterlibatan negara-negara asing dalam 60 jaringan kejahatan siber, namun menolak memberikan keterangan lebih detil tentang hal itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL