Washington, LiputanIslam.com—Kementerian Luar Negeri AS mengumumkan akan membuka kantor kedutaan besar di Yerusalem al-Quds pada bulan Mei mendatang.

“Kami bersemangat melakukan langkah bersejarah ini, dan menantikan pembukaan pada Mei nanti,” ucap juru bicara kemenlu AS, Heather Nauert, pada Jumat (23/2/18).

Menurut pejabat kementerian lain, petugas kedubes Amerika nanti kebanyakan akan menetap di Tel Aviv.

“Pada Mei nanti, kami memindahkan kedubes dan sekelompok kecil petugas ke Arnona,” kata pejabat yang menolak disebutkan namanya itu. Arnona adalah suatu kompleks rumah Konsulat Jenderal AS di Yerusalem al-Quds.

Sementara menurut informasi pejabat lain, sebuah gedung kedutaan akan dibangun nanti di lokasi lain di Kota Suci tersebut.

Nauert pun telah mengonfirmasikan bahwa pihaknya telah memulai pencarian tempat permanen untuk kedubes baru.

Sebelumnya pada 6 Desember tahun lalu, Presiden AS Donald Trump secara formal mengakui Yerusalem al-Quds sebagai ibu kota Israel. Ia pun berjanji akan menulai proses pemindahan kedubes AS ke kawasan pendudukan itu.

Kebijakannya ini memicu kemarahan dari warga Palestina, hingga seluruh kaum Muslim di seluruh dunia. AS pun dianggap tidak lagi layak berperan sebagai penengah dalam proses perdamaian di Timur Tengah. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*