Kabul, LiputanIslam. Com—Jubir Taliban di Afghanistan mengatakan, helikopter militer Amerika sekali lagi telah membantu teroris Daesh (ISIL) dan menyelamatkan mereka dari pengepungan di Afghanistan timur.

Zabiullah Mujahid mengatakan, sementara rekan-rekannya telah melancarkan operasi militer besar-besaran terhadap teroris Daesh di provinsi Kunar sejak pekan lalu, AS justru berusaha untuk mengevakuasi militan Daesh dari daerah itu.

Pasukan Taliban telah membersihkan sebagian besar wilayah di Kunar dari para teroris Daesh, katanya, seraya menambahkan bahwa penduduk lokal juga berpihak pada Taliban dalam perang melawan Daesh.

Menurut Mujahid, sekelompok pemimpin Daesh yang telah dikepung oleh Taliban di wilayah Kunorg Noorgol diselamatkan dari pengepungan oleh helikopter AS pada Jumat malam (22/6) dan diterbangkan ke wilayah lain.

“Ini adalah kesekian kalinya pasukan Amerika menyelamatkan para pemimpin Daesh di Afghanistan dan memindahkan mereka ke pangkalan militer yang aman,” tambahnya.

Baca: Aksi Kerusuhan yang Lebih Mirip Krisis Suriah

Pada awal Januari, sejumlah tahanan, semuanya anggota senior Daesh, keluar dari penjara Taliban di barat laut Afghanistan setelah pasukan AS membantu mereka melarikan diri melalui operasi rahasia.

Pada tahun 2018, mantan menteri pertahanan Iran Jenderal Ahmad Vahidi telah memperingatkan langkah Washington yang terus-menerus untuk menciptakan ketegangan dan krisis di kawasan itu dan mengatakan kelompok teroris Daesh mendapatkan pijakan di Afghanistan.

Dia mengatakan saat itu bahwa kekuatan Barat telah mendukung para teroris dan berusaha mencegah kekalahan Daesh di Irak dan Suriah.

Sejak kelompok teror runtuh di negara-negara itu, AS telah berusaha memindahkan unsur-unsur Daesh ke Asia Tengah dan Afghanistan, katanya.(fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*