Brussels, LiputanIslam.com–Pemerintah Presiden AS Donald Trump menyatakan dukungan lebih besar kepada White Helmets, yaitu dengan menjanjikan donasi sebanyak $5 juta kepada kelompok kontroversial itu.

Donasi tersebut diumumkan oleh duta khusus anti-ISIS, James Jeffrey, di Konferensi Dukungan bagi Masa Depan Suriah ke-3 di Brussels.

Jeffrey menjelaskan, dana $5 juta itu akan membantu “operasi penyelamatan hidup yang vital” oleh White Helmets dan International, Impartial and Independent Mechanism (IIIM).

Alasan di balik bantuan ini, kata jubir Deplu AS Robert Palladino, adalah karena White Helmets telah menyelamatkan “lebih dari 114.000” nyawa selama konflik Suriah. Korban yang diselamatkan termasuk korban “serangan senjata kimia” yang selama ini dituduhkan kepada pemerintah Suriah.

Namun, Palladino mengakui bahwa kelompok ini hanya beroperasi “di kawasan di luar kontrol rezim [Suriah]”.

Pada Mei 2018 lalu, pemerintah Trump pernah mengumumkan akan menghentikan pendanaan kepada White Helmets. Namun, hanya sebulan kemudian, mereka kembali menyalurkan dana yaitu sebanyak $6,8 juta.

Pemerintah Suriah telah berulang kali menuding White Helmets sebagai bagian dari kelompok ekstrimis Islam yang berpura-pura menjadi kelompok relawan.

Bukti keterlibatan kelompok ini dengan militan anti-pemerintah, serta berbagai pelanggaran yang mereka lakukan seperti penjualan organ tubuh, pernah dipresentasikan di depan PBB pada bulan Desember tahun lalu. (ra/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*