Anak Yaman yang mengalami malnutrisi di Pusan Kesehatan Aslam, Hajjah, Yaman. (AP Photo/Hani Mohammed)

Washington, LiputanIslam.com—Menlu AS Mike Pampeo menyalahkan Iran atas krisis kelaparan di Yaman akibat agresi militer Arab Saudi.

Hal ini ia sampaikan ketika Inggris dilaporkan tengah mempersiapkan sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB untuk mengakhiri agresi di Yaman.

Menurut laporan dari ABC News pada Jumat (2/11/18), Inggris kemungkinan akan menyampaikan resolusi tersebut pada awal minggu ini.

“Salah satu sumber mengatakan bahwa [Inggris] akan menyerukan penghentian gencatan senjata kemanusiaan dan keamanan [suplai] makanan dan bantuan lainnya, untuk mendukung ekonomi Yaman yang sudah jatuh…,” tulis ABC News.

Pada Senin (5/11/18), menlu Pompeo mengatakan kepada kantor berita Fox News Sunday bahwa “Iran bertanggungjawab atas kelaparan masyarakat Yaman.”

Dengan alasan inilah, menurut Pampeo, Iran pantas dijatuhi sanksi kembali oleh AS. “Saya sudah melakukan ini sejak lama. Tidak akan ada lagi yang menganggap Menlu Pompeo tidak keras terhadap Iran, dan tidak akan ada yang menganggap Presiden Trump tidak melakukan hal yang sama,”

Dia kemudian menuduh Iran sebagai “sponsor teror terbesar di dunia” dan mengulang-ngulang berita terkini tentang intelijen Iran yang melakukan kampanye pembunuhan di kawasan Eropa.

Berdasarkan analisis dari ZeroHedge.com, pelemparan kesalahan ke Iran seperti ini hanya akan membuat Saudi lolos dari tanggungjawab, dan semakin banyak nyawa warga Yaman yang tumbang setiap bulan. (ra/mintpress)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*