Washington, LiputanIslam.com—Pejabat Amerika dan Korea Utara telah melakukan pertemuan di perbatasan Korea Selatan dan Utara untuk mendiskusikan pertemuan yang ditunggu-tunggu antara Donald Trump dan Kim Jong-un.

“Seorang delegasi AS tengah melakukan pembicaraan dengan pejabat Korut di Panmunjom,” kata juru bicara kemenlu AS, Heather Nauert, pada Minggu (27/5/18).

Panmunjom merupakan sebuah desa di Zona Demilitarisasi (DMZ) yang berada di perbatasan Korut dan Korsel.

“Kami terus mempersiapkan pertemuan antara Presiden [AS] dan pemimpin Korut, Kim Jong-un,” lanjutnya.

Pembicaraan ini dilakukan hanya sehari setelah pertemuan mengejutkan Kim dan presiden Korsel, Moon Jae-in, di Panmunjon, yang bertujuan untuk menyelamatkan pertemuan 12 Juni yang dibatalkan secara sepihak oleh Presiden AS Donald Trump pada Selasa lalu. Trump mempertimbangkan ulang keputusannya itu sehari setelahnya.

Kemarin, Trump juga telah mengkonfirmasikan bahwa ia telah mengirim wakilnya ke Korut untuk mempersiapkan pertemuan dengan Kim.

“Tim AS kami telah sampai di Korut untuk mempersiapkan Pertemuan antara Kim Jong-un dan saya sendiri. Saya sangat percaya Korut memiliki potensi yang brilian dan suatu saat akan menjadi Negara ekonomi dan finansial yang besar. Kim Jong-un setuju dengan saya tentang ini. Itu akan terjadi!” demikian pernyataan Trump di dalam sebuah tweet.

Menurut laporan, tim delegasi AS itu dipimpin oleh Sung Kim, mantan duta AS untuk Korsel yang juga pernah menjadi negosiator nuklir dengan Korut. Anggota tim yang lain diisi pengamat Korea dalam Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Allison Hooker dan seorang pejabat Departemen Pertahanan.

Dalam pertemuan pertama, tim ini bertemu dengan Choe Son Hui, wakil menlu Korut.

Perjalanan delegasi AS ke Pyongyang merupakan perkembangan terbaru dalam satu minggu yang penuh dengan pasang surut hubungan diplomatik antar dua pihak atas harapan tentang sebuah pertemuan bersejarah. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*