New York, LiputanIslam.com – Duta Besar AS, Nikki Haley, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menekan Rusia agar berhenti mendukung pemerintahan Bashar al-Assad. Hal ini ia utarakan pada pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Kamis (27/4) lalu.

“Banyak dari Anda mengatakan bahwa kita harus menekan rezim Suriah. Sebenarnya bukan itu yang yang harus dilakukan. Kita seharusnya menekan Rusia karena Rusia selalu melindungi rezim Suriah,” ucap Haley.

“Saya akan selalu meminta Dewan Keamanan PBB untuk segera bertindak, melakukan sesuatu. Meskipun Rusia terus-menerus mem-veto hal ini, tapi inilah suara kita yang harus didengar,” tambahnya.

Menanggapi ucapan Haley, Wakil Duta Besar Rusia untuk PBB Petr Iliichev mengatakan bahwa Rusia bersama Turki dan Iran bekerjasama untuk menahan gencatan senjata di Suriah agar bantuan kemanusiaan dapat dikirimkan.

“Anda maupun rekan-rekan Barat Anda tidak melakukan apapun untuk memperbaiki situasi di Suriah,” tutur Iliichev kepada Haley.

Rusia telah bekerjasama dengan Iran untuk membantu pemerintah Suriah melawan kelompok-kelompok teroris sejak tahun 2011 lalu. Krisis di Suriah telah mengakibatkan lebih dari 470.000 warganya meninggal dunia dan jutaan lainnya mengungsi di dalam atau luar negeri. (AL/Press TV)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL