Washington, LiputanIslam.com—Menteri Pertahanan AS, James Mattis, menyatakan bahwa militer Amerika siap ‘berkonflik’ dengan Korea Utara pasca ujicoba rudal negara pimpinan Kim Jong-un itu. Namun, Mattis mengaku tidak percaya bahwa Washington akan berperang dengan Pyongyang dalam waktu dekat.

“Saya tidak percaya kemampuan militer kami membawa kami lebih dekat dengan perang karena presiden dan menlu sudah menyatakan dengan jelas bahwa kami berupaya dalam hal diplomatik dan ekonomi,” ujar Mattis kepada wartawan di Pentagon pada Kamis (6/7/17).

Dia menambahkan, upaya diplomatik itu berada dalam bentuk sanksi ekonomi yang didukung oleh “posisi militer yang kami gunakan sekarang.”

“Militer siap berkoordinasi dengan sekutu kami, Jepang dan Korea Selatan. Kami siap melancarkan opsi [militer] jika diperlukan,” tegasnya.

Sebelumnya, Korea Utara mengumumkan pada Selasa (4/7/17) bahwa mereka berhasil melakukan ujicoba rudal antar benua (ICBM), yang diakui dapat “mencapai semua kawasan di dunia.”

Presiden AS Donald Trump kemudian merespon keras aksi Pyongyang itu yang disebutnya “tindakan sangat buruk.”

Menyusul respon Trump, Mattis mengatakan bahwa Pentagon mempertahankan opsi militer sembari menunggu keputusan presiden terhadap Korut. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL