Washington, LiputanIslam.com– Penulis dan jurnalis asal Chile, Whitney Webb, menuliskan analisanya terkait keruntuhan imperialisme AS di laman website mintpressnews.com, Jumat (17/03/2017).

“Tidak ada kekuasaan yang bertahan selamanya.” tulis Webb. “Seperti yang dilihat dalam sejarah, setiap masyarakat imperialistik pada akhirnya menyerah dengan kejahatannya sendiri, baik itu misalokasi sumber daya, konsentrasi kekayaan di kelompok kecil elit, atau militer yang terlalu berlebihan.”

Webb menilai, AS tidak terkecualikan dari aturan tersebut. Beberapa pejabat yang sebelumnya bekerja dalam perang AS telah memperingatkan bahwa kekuasaan AS berada di ambang kehancuran.

Salah itu pejabat besar yang memperingatkan hal itu adalah Lawrence Wilkerson, mantan kolonel militer AS di bawah pemerintah George W. Bush. Beberapa tahun terakhir, Wilkerson bersikap keras menentang industry militer AS, dan menyebut AS sebagai “pedagang kematian dunia.”

Dalam wawancara dengan Real News Network, Wilkerson menilai AS memprovokasi dan menciptakan musuh-musuh baru sampai tingkat yang yang akan sulit ditangani meski memiliki dana militer yang masif.

“Saya tidak mengerti mengapa mereka [pemerintah AS] mau menambah musuh baru di tengah situasi negara seperti ini. Anda pasti tahu teori lama itu: Anda takkan mau menambah musuh baru jika Anda tak bisa menanganinya.” Kata Wilkerson.

“Kita menciptakan musuh dari Cina, Iran, Hezbollah di Lebanon. Kita memusuhi Korea Utara, dan juga Rusia. Ini benar-benar absurd,” tambahnya.

Saat ini, militer AS mengalami kondisi lebih buruk dari era Bush. Contohnya, sebuah organisasi think tank pada 2015 melaporkan bahwa militer AS tidak mampu berperang di dua kawasan konflik secara bersamaan, sehingga keseluruhan militer dinilai dengan angka “lemah.”

Sebagai tambahan, Ketua Staff Militer AS Mark Milley memperingatkan bahwa militer AS tidak siap berkonflik dengan Rusia atau Cina — dua negara yang aktif diprovokasi oleh AS.

Dengan angka musuh yang membludak, Wilkerson menyebut AS “tak lama lagi tamat” sebagai kekuatan imperial global. (ra/mintpressnews)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL