al shabab somaliaMogadhishu, LiputanIslam.com — Pesawat-pesawat tempur AS melakukan serangan terhadap kelompok militan Al Shabab di Somalia dengan sasaran utamanya pemimpin kelompok tersebut. Demikian pernyataan Dephan AS menyebutkan.

Seperti dilaporkan BBC News, Senin (29/12), serangan udara tersebut dilakukan di wilayah Saakow, namun tidak ada konfirmasi tentang hasil dari serangan itu.

“Saat ini kami tidak memiliki akses ke sana untuk mengetahui apakah ada korban sipil,” kata Dephan AS dalam pernyataannya.

AS terlibat aktif membantu pemerintah Somalia dan Organisasi Persatuan Afrika (AU) dalam memerangi kelompok-kelompok militan di Somalia, meski tidak melibatkan pasukan darat. Pada tahun 2011 kelompok-kelompok militan itu berhasil dipukul mundur dari ibukota Somalia, Mogadishu, dan kota-kota lainnya. Pada September lalu pemimpin Al-Shabab, Ahmed Abdi Godane, juga tewas oleh serangan udara AS.

Selain tidak menyebutkan hasilnya, Dephan AS juga tidak menyebutkan target sasaran serangan udara terakhir ini selain sebutan “pemimpin Al Shabab”.

Serangan ini berlangsung setelah 2 hari menyerahnya salah seorang tokoh Al Shabab, Ahmed Ismail Hersi, Sabtu (27). Hersi adalah kepala inteligen kelompok Al Shabab yang menyerah kepada polisi Somalia di wilayah Gedo.

Pada bulan Juni 2012 AS menjanjikan hadiah senilai $3 juta bagi siapa saja yang bisa memberi informasi keberadaannya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL